Beranda | Artikel
Kesalahan tatkala Berhaji - Bagian ke-1 (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)
Rabu, 26 Agustus 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Ahmad Zainuddin

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Kesalahan tatkala Berhaji (Bagian ke-1)

Saat ini kita berada di bulan haram, yaitu bulan Dzulqa’dah. Allah Ta’ala menegaskan hal ini di dalam firmanNya:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِندَ اللّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْراً فِي كِتَابِ اللّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَات وَالأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ، الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلاَ تَظْلِمُواْ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (QS At-Taubah [9]: 36)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan bahwa keempat bulan tersebut adalah:

إِنَّ الزَّمَانَ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ اللَّهُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ، السَّنَةَ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ، ثَلاثٌ مُتَوَالِيَاتٌ، ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ، وَرَجَبٌ شَهْرُ مُضَرَ بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

“Sesungguhnya masa telah berputar seperti pada awalnya, pada hari Allah Ta’ala menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu terdapat dua belas bulan, dari dua belas bulan tersebut terdapat empat bulan haram. Tiga bulan di antaranya saling berurutan, yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijah, dan Al-Muharram. Yang keempat adalah bulan Rajab milik kaum Mudhar yang terletak di antara bulan Jumada dan Sya’ban.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Salah satu rukun Islam yang dilaksanakan oleh kaum muslimin di bulan haram (yaitu bulan Dzulhijjah) adalah ibadah haji. Dan setiap tahunnya, begitu banyak kaum muslimin dari seluruh penjuru dunia yang menunaikan ibadah haji ke baitullah, Mekah Al-Mukarramah.

Dalam melaksanakan dan menunaikan ibadah haji, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kita semua dengan sabdanya:

خُذُوا عَنِّي مَنَاسِكَكُمْ

“Ambillah dariku manasik haji kalian.”

Seperti yang kita ketahui bahwa mengikuti petunjuk dan contoh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam merupakan salah satu syarat diterimanya amal ibadah. Mengingat bahwa ibadah haji merupakan ibadah yang mulia, dan melihat masih banyaknya saudara-saudara kaum muslimin yang masih melakukan kekeliruan dan kesalah dalam manasik hajinya, maka sudah selayaknya bagi kita untuk mengetahui apa saja kesalahan-kesalahan tatkala berhaji.

Apa saja kesalahan tatkala berhaji? Simak lebih lanjut penjelasan tentang “Kesalahan tatkala Berhaji” yang disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin dengan mendownload ceramah agama ini sekarang juga.

Download Ceramah Agama: Ustadz Ahmad Zainuddin – Kesalahan tatkala Berhaji (Bagian ke-1)

Jangan lupa untuk turut membagikan link download kajian ini ke akun media sosial yang Anda miliki, baik Facebook, Twitter, Google+, atau yang lainnya.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/15542-kesalahan-tatkala-berhaji-bagian-ke-1-ustadz-ahmad-zainuddin-lc/